20 Desember 2011

Pengertian Dan Kegunaan Shutdown,Hibernate,Standby,Sleep,Restart

Artikel Tentang Pengertian dan Kegunaan >SHUTDOWN-HIBERNATE-STANDBY-SLEEP-RESTART, kita akan membaca tentang pengertian dari SHUTDOWN-HIBERNATE-STANDBY-SLEEP-RESTART
1.    SHUTDOWN
   Tombol ini berfungsi untuk mematikan komputer secara keseluruhan.Saat kita memilih tombol shutdown,semua komponen komputer  akan dinontaktifkan,yaitu diputus aliran listriknya.

2.     HIBERNATE
  Pada tombol hibernate,komponen komputer juga dimatikan secara keseluruhan,sama seperti shutdown.Bedanya,sebelum dimatikan,isi dari memori atau RAM tersebut disalin ke harddisk terlebih dahulu,sehingga saat mau dihidupkan kembali,tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di harddisk.
   Hibernate dapat menyimpan konfigurasi komputer sebelum dimatikan. Jadi jika misalkan kita membuka banyak aplikasi kemudian meng-hibernate komputer,saat komputer dihidupkan kembali aplikasi-aplikasi itu masih terbuka seperti kondisi semula ,jadi tidak usah takut kalau akan kehilangan data. Ini berbeda dengan shutdown yang akan menghapus data Anda jika belum sempat disimpan. Jadi tombol hibernate sangat cocok apabila kita meninggalkan komputer dalam waktu yang tidak terlalu lama.

3.     STAND BY
   Pada kondisi stand by,komputer tidak dimatikan secara keseluruhan.Semua komponen komputer mati kecuali memori (RAM). Jadi, semua komponen diputus aliran listriknya kecuali RAM. Oleh arena itu,stand by masih menggunakan listrik untuk memberi daya pada RAM,berbeda dengan shutdown atau hibernate yang benar-benar mematikan komputer.Untuk menghidupkan komputer kembali dari modus stand by jauh lebih cepat dibandingkan hibernate (bisa dibilang instan),karena isi RAM masih dipertahankan.
Sama seperti hibernate, stand by juga menyimpan konfigurasi komputer sebelum di-stand by. Saya ambil saja contohnya apabila kita sedang bermain game, tombol ini persis seperti ‘pause’. jika Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu singkat,tolbol ini cocok untuk digunakan.

4.     Log Off
   Juga bisa disebut dengan istilah log Out, Logoff, signoff, sign off, signout, dan sign out. merupakan proses untuk keluar dari sesi setelah pengguna melakukan log in pada sistem atau komputer. setelah pengguna melakukan proses log off, hak-hak pengguna untuk menggunakan sumber daya sistem atau komputer yang didapatkan ketika login akan hangus atau hilang. Jadi , lawan dari Log off adalah Log in
5.     RESTART
   Bisa dibilang reboot,karena tombol ini digunakan untuk mematikan PC dan kemudian menghidupkanya kembali.
Semoga Bermanfaat ya Gan !!!

Sekilas tentang admin

Saya Ridho Hawali, salah seorang siswa yang mengadu nasib di ibukota provinsi Riau, yang bersekolah di SMK Labor Pekanbaru, salah satu sekolah swasta yang memang betul-betul memberikan saya begitu bermanfaatnya ilmu teknologi untuk masa kedepannya.
Jurusan yang saya ambil tentunya Teknik Komputer danJaringan atau TKJ, karena basic saya sejak kecil sudah mengarah untuk berhadapan dengan hardware-hardware serta materi pendukungnya.
Facebook | Twitter | distroleenux | info lebih lengkap dari admin

2 comments:

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan blog ini.