31 Januari 2012

Video Failure ( Kegagalan pada Tampilan )

   Video Failure ( Kegagalan pada Tampilan )--- Saya akan memberikan beberapa info/ tips dan trik untuk mengatasi permasalahan jika ada kegagalan untuk tampilan pada layar monitor.

         Tindakan yang pertama yang harus kita lakukan yaitu melihat apakah sumber sistemnya sampai ke komputer atau tidak.
Apabila tidak, maka hal yang akan kita tindak lanjuti adalah melihat ke proses dari power supply kita.

         Apabila sumber sistemnya  terlihat bagus ( berfungsi ), kita lihat pada monitor, apakah layarnya tampil atau tidak,  jika layarnya tidak tampil, hal / tindakan yang akan kita lakukan adalah memeriksa monitor tersambung kesumber listrik atau tidak,jika tidak kita akan mengecek monitor tercolokkan atau tidak, kemudian memastikan apakah kabel tidak tercolok ke sumber daya. Jika Ya,apakah telah mengontrol ditengah jangkauan, apabila tidak,kita lakukan pengaturan kecerahan dan kontras dari layar monitor kita. Apabila Ya, dengarkan bunyi bips yang terjadi.
         Anda Dapat Melihat Gambar / Strukturnya disini

         Kembali lagi ke dugaan kita apakah layarnya hidup atau tidak, kalau iya, apakah anda mendapatkan kursor nya berkedip? Kalau tidak, apakah anda melihat tampilan No Signal ? Jika tidak,apakah BIOS nya membeku? Jika tidak, berlanjut ke diagram Video Performance. Jika benar, apakah adapter yang lain telah terinstall atau tidak.

         Kemudian kembali lagi ke pemabahasan apakah kita dapatkan kursor berkedip di layar monitor, jika teryata ada, maka kita akan mendengarkan bunyi beep yang terjadi(juga lanjutan dari pembuktian dari tengah jangkauan tadi ), jika tidak terdengar bunyi bip, kita cek apakah kabel video ya tersambung atau aman. Jika tidak tersambung, sambungkan kabel nya. Jika aman,  kita check apakah kabel hancur atau pinnya bengkok.
         Dan jika bunyi beep terdengar, apakah adapter terletak dengan bagus atau tidak, apabila tidak, pasang adapter pada kedudukannya, dan lindungi( Kunci ). Apabila adapter terletak dengan benar, apakah RAM nya juga benar atau tidak? Jika tidak, pasang ulang dengan benar RAMnya. Jika Ya, kita check apakah kabel hancur atau pinnya bengkok.(Ini jalan yang sama seperti video kabel tadi). Selanjutnya apabila benar, kita perbaiki / pasang ulang kabel video-nya. Jika tidak, apakah adapter lainnya terinstall? Apabila sudah terinstall, apakah videonya tampil dengan adapter ditanggalkan?jika iya, kita akan berlajut ke diagram permasalahan resolusi. Jika tidak, apabila menggunakan adapter yang baru tampil atau tidak.
         Kemudian jika tidak terbukti ada beberapa lainnya tidak terinstall, kita akan melakukan hal yang sama, yaitu memakai adapter yang lain. Jika itu tampil, coba adapter sebelumnya dengan sistem yang lain sebelum dibuang.
         Jika tidak, kita akan melanjutkan pembahasan ke diagram kegagalan pada motherboard.

Sekian pembahasan tentang kegagalan pada video ( tampilan )

Sekilas tentang admin

Saya Ridho Hawali, salah seorang siswa yang mengadu nasib di ibukota provinsi Riau, yang bersekolah di SMK Labor Pekanbaru, salah satu sekolah swasta yang memang betul-betul memberikan saya begitu bermanfaatnya ilmu teknologi untuk masa kedepannya.
Jurusan yang saya ambil tentunya Teknik Komputer danJaringan atau TKJ, karena basic saya sejak kecil sudah mengarah untuk berhadapan dengan hardware-hardware serta materi pendukungnya.
Facebook | Twitter | distroleenux | info lebih lengkap dari admin

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan blog ini.