09 Januari 2012

Jangan Sembarangan BlogWalking

Jangan Sembarangan BlogWalking - Asal teman teman ketahui, blogwalking bukan sekedar kita mengunjungi sebuah blog lainnya dengan meninggalkan sebuah komentar atau pun tanda pertemanan blog dengan blog terkait.

Bahkan yang lebih parah, isi komennya dicopas. Jadi kronologisnya kayak gini : Berkunjung ke suatu Blog, langsung ke komen form, copas komen dari Blog sebelumnya, isi captcha, terus kabur ke blog lain dan melakukan hal yang sama, begitu seterusnya.
Tapi, men.. Setiap orang pasti pernah bikin salah kan?? Nggak apa-apa donk, kalo gue bikin salah. Yang penting dari kesalahan itu gue jadi mempelajari hal baru, yaitu 'Jangan asal blogwalking'. Saat gue berkunjung ke blog lain dan menemukan komen yang sama persis dengan komen yang ada di blog gue, gue baru menyadari bahwa tindakan semacem itu sesungguhnya kurang baik untuk dilakukan.


Kenapa gue bilang begitu? Karena itu tindakan yang egois. Tujuan gue berkomentar hanya agar mendapat kunjungan dan komen balik. Padahal fungsi dari form komentar bukan buat itu. Fungsi aslinya ya buat menyampaikan pendapat kita mengenai isi posting yang kita baca.


Makanya biar nggak makin banyak blogger-blogger sesat kayak gue, gue mau memberikan sedikit tips mengenai tata cara Blogwalking yang baik dan benar versi gue.

1) Jadilah komentator yang sopan
Perhatikan bahasa yang kita gunakan saat akan mengomentari blog orang. Ibarat tamu yang masuk ke rumah orang, ucapkan salam atau minimal basa basi apalah. Jangan cuma ninggalin nama tanpa komentar apa pun. Itu jleb, buat si empunya blogger. Jangan pake bahasa yang kasar juga.
"Blog lo keren abis, nyet!!" Walaupun maksudnya muji, tapi tetep aje jleb buat si empunya blogger. Mending jangan deh!

2) Belajar jadi komentator yang ikhlas
Yang gue maksud menjadi komentator ikhlas di sini adalah : berikanlah komentar, tanpa mengharapkan komentar balasan. Oke, mungkin ada yang berpendapat bahwa komen itu kayak cinta. Harus dibales, biar nggak nyesek. Tapi kita juga harus mengingat bahwa nggak semua blogger itu ramah.
Ada beberapa blogger yang nggak suka bersosialisasi, dan menganggap nggak perlu lah ramah tamah ke blogger lain. Toh, mereka ngeblog bukan buat jadi populer. Nah, jadi boleh-boleh aja ninggalin link URL blog kita di komen tapi jangan sewot andaikata blog kita nggak dikunjungi balik oleh si empunya blog.
Kalo emang identitas kita menarik, kepribadian kita menarik, isi blog kita menarik, dan kita juga suka menarik uang di ATM (woi, yang terakhir apaan?!!) gue yakin pengunjung akan datang untuk berkomentar dengan sendirinya. Walaupun prosesnya cukup memakan waktu.

3) Jadilah komentator yang nyambung
Sempatkan diri untuk membaca isi postnya walau sedikit agar komentar kita bisa nyambung  sama topik yang dibahas. Itu lebih berkesan ketimbang isi komen yang cuma basa basi kayak : Nice post, Mantaap, Kereen, dan sekawanannya. Ketara banget kalo kita nggak baca isinya.
Kalo bisa isi komennya juga berbobot. Misalnya nambahin informasi yang sesuai dengan isi posting. Atau komentar mengenai pemikiran kita soal topik yang dibahas. Gue yakin si empunya blog bakal lebih terkesan dengan komentar macem begini. Dan dengan senang hati berkunjung balik ke blog kita.

4) Jalinlah pertemanan
Sesekali kunjungi lagi orang-orang yang pernah berkunjung ke blog kita. Jangan abis ninggalin URL Blog dan dikunjungi terus udah. Nggak ada kelanjutan ceritanya lagi. Kalo emang nggak ada waktu, yah dikit dikit aja lah.. Misalnya minggu ini, mampir ke blognya si A dan B. Minggu depan, mampir ke blognya C dan D. Dan seterusnya.


Hindari cara-cara yang nggak etis kayak "Gue udah follow blog lo, follow back ya". Selain kesannya kayak merintah, cara ini cuma dipake ama orang-orang yang peduli kuantitas bukan kualitas. Mungkin punya followers banyak itu emang keren, tapi apa gunanya kalo nggak ada satupun yang mampir untuk baca blog kita.

5) Jadi Blogger Nggak Boleh Sombong
Jangan pilih-pilih teman kalo lagi blogwalking. Emang ada pendapat yang menyarankan untuk Blogwalking ke blog yang trafficnya udah tinggi. Tapi, percaya kata-kata gue. Blog dengan traffic tinggi itu yang komen juga bejibun. Kemungkinan komen kita bakal dibaca ama pemiliknya itu juga makin kecil.
Jadi, nggak ada salahnya untuk blogwalking ke blogger yang masih pemula. Selain kedatangan kita udah pasti akan disambut baik sama pemiliknya, kita juga membantu memberikan mood booster buat blogger blogger newbie tadi. Jangan pernah meremehkan blogger-blogger newbie, mungkin aja suatu hari nanti blog mereka trafficnya jadi lebih tinggi dari punya kita.


Oia, sempatkan juga untuk mengunjungi link link yang ditinggalkan di komen blog kita. Ucapkan terima kasih dan komentar balik isi post si pengunjung.

Sekilas tentang admin

Saya Ridho Hawali, salah seorang siswa yang mengadu nasib di ibukota provinsi Riau, yang bersekolah di SMK Labor Pekanbaru, salah satu sekolah swasta yang memang betul-betul memberikan saya begitu bermanfaatnya ilmu teknologi untuk masa kedepannya.
Jurusan yang saya ambil tentunya Teknik Komputer danJaringan atau TKJ, karena basic saya sejak kecil sudah mengarah untuk berhadapan dengan hardware-hardware serta materi pendukungnya.
Facebook | Twitter | distroleenux | info lebih lengkap dari admin

4 comments:

  1. Namun kebanyakan pasti seperti itu Bro :D
    Kopas dari komen sebelumnya ..
    Btw, Sip deh Infonya #ngacir

    BalasHapus
  2. hohoho... pernah juga ngelakuinnya ya.. hehe... but jujur sekali dan akhirnya malah bisa memberi info yang bermanfaat, itu keren mas bro...

    BalasHapus
  3. thanks gan, tp ada yg ane mau tanyain?
    boleh ga sih ketika blog walking itu ninggalkan link?
    atau nanti bsa dianggap spam

    BalasHapus
  4. setuja, memang dalam berkomentar kita harus jujur dan mempunyai sopan santun ketika berkomentar

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan blog ini.