23 Maret 2012

Jepang Akan Hadang Roket Korea Utara

Jepang Akan Hadang Roket Korea Utara--- Menteri Pertahanan Jepang Naoki Tanaka menyatakan, Jepang telah memerintahkan sistem pertahanan rudal mereka disiapkan sebagai respons atas rencana peluncuran roket jarak jauh Korea Utara bulan depan.

Seperti dilansir BBC, 23 Maret 2012, sebuah laporan mengatakan sistem pertahanan Jepang akan dikerahkan di dekat Pulau Okinawa. Lokasi itu dipilih untuk menembak jatuh roket yang datang mengancam wilayah Jepang.

Korea Utara sendiri sebelumnya menjelaskan, mereka meluncurkan roket untuk membawa dan menempatkan satelit ke orbit. Namun, Amerika Serikat dan sekutunya yakin peluncuran roket itu sekadar alasan untuk menutupi uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara.

Pekan lalu Pyongyang mengatakan, peluncuran roket itu dilakukan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-100 almarhum Pemimpin Besar Kim Il-sung. Juru bicara Korut menyatakan, peluncuran itu adalah kesempatan bagi negara mereka guna “menempatkan teknologi luar angkasa Korut untuk tujuan damai pada tahap yang lebih tinggi.”

Namun pengumuman peluncuran roket itu mengundang kecaman luas karena dinilai melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang diterapkan setelah peluncuran roket serupa oleh korut pada April 2009. Jepang pun menyesalkan sikap Korut tersebut.

“Saya telah memerintahkan para pejabat untuk bersiap-siap mengerahkan PAC-3 dan kapal perang Aegis,” kata Tanaka. Sama seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat juga menyatakan keprihatinan mereka.

“Ini akan menjadi provokasi serius yang mengancam perdamaian dan keamanan Semenanjung Korea dan Asia Timur dan Utara,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dalam rilis resminya. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton bahkan menyebut rencana Korut itu “sangat provokatif.”

Sementara itu kantor berita Xinhua milik pemerintah China mengatakan, Wakil Menteri Luar Negeri Zhang Zhijun bertemu dengan Duta Besar Korut untuk mengungkapkan kekhawatiran Beijing.

Bulan lalu sesungguhnya Pyongyang telah setuju untuk menunda tes rudal jarak jauh sebagai bagian dari kesepakatan mereka dengan AS untuk memasok 240 ribu ton bantuan pangan ke Korut. Korut juga setuju menghentikan pengayaan uranium mereka dan mengizinkan pengawas senjata PBB kembali ke negara mereka.

Kini dengan rencana baru Korut untuk meluncurkan roket, Departemen Luar Negeri AS menyatakan “sulit dibayangkan” mereka memberikan bantuan pangan ke Korut dalam kondisi semacam itu.

Roket Korut itu akan diluncurkan dari Stasiun Peluncuran Satelit Solace di wilayah Cholsan di bagian utara Pyongyang.

Sekilas tentang admin

Saya Ridho Hawali, salah seorang siswa yang mengadu nasib di ibukota provinsi Riau, yang bersekolah di SMK Labor Pekanbaru, salah satu sekolah swasta yang memang betul-betul memberikan saya begitu bermanfaatnya ilmu teknologi untuk masa kedepannya.
Jurusan yang saya ambil tentunya Teknik Komputer danJaringan atau TKJ, karena basic saya sejak kecil sudah mengarah untuk berhadapan dengan hardware-hardware serta materi pendukungnya.
Facebook | Twitter | distroleenux | info lebih lengkap dari admin

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan blog ini.