27 Oktober 2011

Membuat Virtual DOS 6.22 didalam VirtualBox

    Virtual Box adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS WINDOWS yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.






Caranya begini :
1. Setelah Aplikasi Virtualbox terpasang, dan setelah kita jalankan,maka akan tampil dihalaman depannya seperti gambar dibawah ini .












2. Kita akan menginstall DOS 6.22 didalam virtualbox. Terlebih dahulu kita klik ' New'(dalam bahasa inggris) atau Baru di tampilan utama pada virtualbox. Artinya kita akan membuat Mesin baru.
seperti ini tampilannya  :













3. Klik Next, maka akan tampilan seperti ini :


















4. Ketik pada tabel pengisian Name untuk nama dari mesin virtual kita, bebas. Karena kita akan mengisntall DOS 6.22, untuk kemudahan kita ketik saja DOS 6.22 .
Pada tabel Operating System kita ambil saja other karena OS DOS tidak ada ,dan di tabel Version kita klik submenu DOS. Setelah itu klik tombol Next.

5. Akan tampil jendela untuk memilih kapasitas dari RAM yang akan kita butuhkan. Dalam hal ini kita ambil saja ukuran defaultnya, yaitu 32Mb. Karena DOS tidak akan menghabiskan banyak penyimpanan data.
Klik Next .

6.Akan tampil jendela untuk memilih apakah kita akan membuat virtual harddisk yang baru atau menggunakan harddisk yang telah ada sebelumnya. seperti gambar ini :


















Sekarang kita klik saja 'Create new hard disk' , mengapa ? karena kita belum pernah membuat virtual harddisk sebelumnya. Klik Next .


7.Selanjutnya akan tampil jendela seperti ini


















Kita Klik saja VDI(Virtual Disk Image ) , karena kita akan membuat virtual computer nya menggunakan CD ISO Image.  Klik Next.

8. Next, kita pilih Fixed Size. dan Klik Next Lagi.

9. Akan tampil jendela seperti dibawah ini :


















Kita ambil saja ukuran default untuk ukuran dari Virtual computer kita yaitu DOS 6.22 . dan ketik Next kembali

10. Dan terakhir, akan tampil jendela :



















Klik Create untuk membuat Virtual Mesin . Tunggu sampai pembuatan Selesai.
Dan selesai lah pembuatan untuk DOS 6.22 didalam virtualbox.


Semoga bermanfaat , dan jangan lupa komentarnya yaaaaak...!!!



Sekilas tentang admin

Saya Ridho Hawali, salah seorang siswa yang mengadu nasib di ibukota provinsi Riau, yang bersekolah di SMK Labor Pekanbaru, salah satu sekolah swasta yang memang betul-betul memberikan saya begitu bermanfaatnya ilmu teknologi untuk masa kedepannya.
Jurusan yang saya ambil tentunya Teknik Komputer danJaringan atau TKJ, karena basic saya sejak kecil sudah mengarah untuk berhadapan dengan hardware-hardware serta materi pendukungnya.
Facebook | Twitter | distroleenux | info lebih lengkap dari admin

1 comments:

Tinggalkan Komentar Sebagai Bentuk Apresiasi Anda, Terserah, makian dan umpatan akan saya terima jika itu bermanfaat bagi perkembangan blog ini.